Deprecated: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated in /home/u4647484/public_html/repository/sysconfig.inc.php on line 35
ANALISIS PROTEIN DAN KUALITAS ORGANOLEPTIKNUGGET IKAN LEMURU (SARDHELLA LEMURUU)
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PROTEIN DAN KUALITAS ORGANOLEPTIKNUGGET IKAN LEMURU (SARDHELLA LEMURUU)


FAKTOR RISIKO GIZI KURUS PADA ANAK SEKOLAH DASAR NEGERI KULAM DATA KECAMATAN LHOKNGA
KABUPATEN ACEH BESAR

Cut Affianijar1, Agus Hendra Al Rahmad2

ABSTRAK

Latar Belakang : Gizi kurus adalah status gizi pada anak sekolah. Di masyarakat dikenal dengan istilah gizi kurus yang merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting karena memiliki dampak yang besar. Gizi kurus dapat meningkatkan risiko kesakitan dan kematian pada anak.
Tujuan : Untuk mengetahui faktor risiko gizi kurus pada anak Sekolah Dasar Negeri Kulam Data Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.
Metode : Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan desain penelitian cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 32 orang. Variabel penelitian terdiri dari keberagaman konsumsi pangan, asupan dan energi asupan protein dengan kejadian gizi kurus pada anak sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kulam Data Kecamatan Lhoknga. Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilakukan pada bulan juni 2019. Analisa data menggunakan uji chi-square dengan tingkat kepercayaan yang diinginkan 95%. Data penelitian disajikan dalam bentuk tabular dan tekstular.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan energi yang lebih banyak pada kategori
cukup yaitu sebesar 84,4%. Sedangkan keberagaman konsumsi pangan yang lebih banyak pada kategori sedang yaitu sebesar 53,1. Terdapat pengaruh antara asupan energi terhadap kejadian gizi kurus pada anak sekolah dengan nilai p-value sebesar 0,010 yang menunjukkan Ha diterima Ho ditolak dan terdapat pengaruh antara keberagaman konsumsi pangan terhadap kejadian gizi kurus pada anak sekolah dengan nilai p-value sebesar 0,030 yang menunjukkan Ha diterima Ho ditolak.
Kesimpulan : Terdapat pengaruh antara asupan energi, keberagaman konsumsi pangan dengan kejadian gizi kurus
Saran : Untuk mencegah terjadinya gizi kurus, maka diperlukan penanganan dari pihak sekolah, puskesmas, dan orang tua. Hal ini bertujuan agar anak sekolah dapat memenuhi
kebutuhan zat gizi dari sumber energi, protein, lemak yang sesuai dengan porsi gizi
seimbang

Kata Kunci : Keberagaman Konsumsi Pangan, Asupan Energi, dan Asupan Protein

1. Mahasiswa Program Studi D-IV Gizi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh
2. Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh
AMALIA - Personal Name
SKRIPSI
Indonesia
2019
LOADING LIST...
LOADING LIST...