Deprecated: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated in /home/u4647484/public_html/repository/sysconfig.inc.php on line 35
TINJAUAN SANITASI DASAR PERUMAHAN DI GAMPONG SAWANG ACEH JAYA TAHUN 2022
Detail Cantuman Kembali

XML

TINJAUAN SANITASI DASAR PERUMAHAN DI GAMPONG SAWANG ACEH JAYA TAHUN 2022


TINJAUAN SANITASI DASAR PERUMAHAN DI GAMPONG SAWANG ACEH JAYA TAHUN 2022
Luthfi Akmalia¹, Zubir²

¹ Mahasiswa Program Studi Sanitasi Program Diploma Tiga Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Aceh
² Dosen Jurusan Kesehatan lingkungan Poltekkes Kemenkes Aceh

ABSTRAK

Sanitasi adalah suatu usaha pencegahan penyakit yang menitik beratkan kegiatan pada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia. Sanitasi dasar perumahan adalah sarana sanitasi minimal yang diperlukan menyehatkan sebuah rumah. Adapun sanitasi dasar perumahan tersebut meliputi: konstruksi bangunan,sarana penyediaan air bersih, pembuangan tinja, pembuangan air limbah, dan pembuangan sampah Penelitiaan bertujuan untuk Untuk mengetahui sanitasi dasar perumahan di dusun Mata Ie Gampong Sawang Kecamatan Setia Bakti Aceh Jaya tahun 2022.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif, yaitu meninjau sanitasi dasar perumahan di Gampong Sawang Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya.Populasi dan sampel pada penelitiaan ini adalah rumah yang berada di Dusun Mata Ie Gampong Sawang Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya yang berumlah 23 rumah.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Sarana Penyediaan Air Bersih di perumahan Gampong Sawang mayoritas memenuhi syarat sebanyak 23 rumah (100 %), Sarana Pembuangan Tinja di perumahan Gampong Sawang mayoritas memenuhi syarat yaitu sebanyak 14 rumah (82,6%), Sarana Pembuangan Air Limbah (SPAL) di perumahan Gampong Sawang mayoritas memenuhi syarat yaitu sebanyak 21 rumah (91,3%), bahwa Sarana Pembuangan Sampah di perumahan Gampong Sawang mayoritas tidak memenuhi syarat yaitu sebanyak 23 rumah (100%). diharapkan untuk meningkatkan Kembali pengetahuan, komitmen,dan kepedulian terhadap kesehatan lingkungan melalui penyuluhan kegiatan yang disampaikan lewat perkumpulan rutin warga.

Kata Kunci: Sanitasi Dasar, Perumahan,
LUTFI AKMALIA - Personal Name
Karya Tulis Ilmiah
Indonesia
2023
LOADING LIST...
LOADING LIST...