Deprecated: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated in /home/u4647484/public_html/repository/sysconfig.inc.php on line 35
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BANDAR BARU PERIODE APRIL 2022
Detail Cantuman Kembali

XML

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BANDAR BARU PERIODE APRIL 2022


TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BANDAR BARU PERIODE APRIL 2022

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan harus mengutamakan kebutuhan dan kepuasan pasien yang dilayani. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Pelayanan kefarmasian merupakan kegiatan terpadu untuk mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan obat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya tahun
2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan menggunakan lembar kuisioner sebagai instrumen penelitian, kemudian dihitung persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien dan diklasifikasikan. Adapun variabel yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien adalah variabel kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, dan penampilan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 99 responden memperoleh kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap variabel kehandalan 70,30%, variabel ketanggapan 79,19%, variabel jaminan79,04%, variabel empati78,00%, dan variabel penampilan77,77, sehingga rata-rata tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya tahun 2022 secara keseluruhan sebesar 76,86% dengan klasifikasi kepuasan yaitu puas.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelyanan Kefarmasian.
SITI MAGHFIRAH - Personal Name
Karya Tulis Ilmiah
Indonesia
2023
LOADING LIST...
LOADING LIST...