Deprecated: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated in /home/u4647484/public_html/repository/sysconfig.inc.php on line 35
FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANANKESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANANKESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE


PASIEN PADA PELAYANANKESEHATAN GIGI DI PUSKESMAS MUTIARA BARAT KABUPATEN PIDIE

Maghfirah P07125217058

Mahasiswa Program Studi D-IV Keperawatan Gigi Kemenkes Poltekkes Aceh Jln Soekarno Hatta, Desa Lagang, Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar

ABSTRAK

Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima disuatu tatanan kesehatan. Hasil observasi awal yang peneliti dapatkan dari Puskesmas Mutiara Barat Kabupaten Pidie menunjukkan pasien pada poli gigi mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskrpsikan faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik untuk mengetahui hubungan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi. Sampel penelitian adalah 30 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding dan
tabulating, data dianalisis menggunakan analisa univariat dan analisa bivariate. Hasil penelitian menunjukkan keterwujudan berhubungan dengan kepuasan responden terhadap pelayanan kesehatan gigi di puskesmas Mutiara Barat Kabupaten Pidie (p= 0,000). Jaminan berhubungan dengan kepuasan responden terhadap pelayanan kesehatan gigi (p= 0,000). Empati berhubungan dengan kepuasan responden terhadap pelayanan kesehatan gigi di puskesmas Mutiara Barat Kabupaten Pidie (p= 0,000). Terdapat 63,3% responden yang memiliki kepuasan yang kurang baik, sedangkan responden yang memiliki kepuasan baik sebesar 36,7% terhadap pelayanan kesehatan gigi. Kesimpulan dan saran dalam penelitian ini menunjukkan bahwa keterwujudan, jaminan dan empati berhubungan dengan kepuasan pasien pada pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas Mutiara Barat Kabupaten Pidie. Oleh karena
itu, disarankan agar pihak puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi para pengunjung.

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan Gigi
MAGHFIRAH - Personal Name
SKRIPSI
Indonesia
2021
LOADING LIST...
LOADING LIST...