Deprecated: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated in /home/u4647484/public_html/repository/sysconfig.inc.php on line 35
LITERATUR REVIEW: EFEKTIFITAS TEKNIK MASSAGE ROLLING TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM
Detail Cantuman Kembali

XML

LITERATUR REVIEW: EFEKTIFITAS TEKNIK MASSAGE ROLLING TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI PADA IBU POST PARTUM


Literature Review: Efektifitas Teknik Massage Rolling Terhadap Peningkatan Produksi ASI Pada Ibu Post Partum

Putri Maghfirah1, Fatma 2, Lia Lajuna 3

ABSTRAK

Latar Belakang:Air susu ibu (ASI) merupakan nutrisi alamiah terbaik bagi bayi karena mengandung kebutuhan energi dan zat yang dibutuhkan selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Namun, ada kalanya seorang ibu mengalami masalah dalam pemberian ASI, kendala yang utama adalah karena produksi ASI tidak lancar.Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI selain mengkonsumsi makanan yang tinggi protein dapat dilakukan dengan dengan tindakan massage rollingyang dilakukan biasanya dilakukan pada ibu-ibu setelah melahirkan yang dapat membantu memberikan efek rileks pada ibu secara tidak langsung, membantukerja hormon oksitosin dalam pengeluaran ASI.

Tujuan Penelitian: Untuk mengidentifikasi tinjauan literatur yang berkaitan dengan efektifitas teknik massage rolling terhadap peningkatan produksi ASI pada ibu postpartum.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan literatur (tinjauan literatur) tentang efektifitas menerapkan massage rolling pada ibu postpartum. Sumber untuk melakukan tinjauan ini adalah dalam bentuk 20 artikel penelitian dari 2014 hingga 2019. Desain penelitian adalah deskriptif dengan menganalisis tiga jurnal internasional dan tujuh belas jurnal nasional yang berkaitan dengan massage rolling.
Hasil Penelitian: Penatalaksanaan non farmakologi untuk meningkatkan produksi ASI dengan metode massagerolling merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kenyamanan dan relaksasi ibu postpartum selama masa menyusui sehingga dapat meningkatkan volume ASI.

Kesimpulan dan Saran:Pijat massagerolling dapat meningkatkan produksi ASI.Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan lebih banyak studi literatur yang dapat di telaah dalam melakukan studi literatur.

Kata Kunci: Massage Rolling,Produksi ASI, Post partum

1 Mahasiswa Prodi D-IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh
2 Dosen Prodi D-IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh
PUTRI MAGHFIRAH - Personal Name
SKRIPSI
Indonesia
2020
LOADING LIST...
LOADING LIST...